Rabu, 06 April 2016

Awal Perjalanan Untuk Bekerja di Kapal Pesiar

Angan -angan bergelimang dolar dan mengunjungi tempat wisata dunia selalu membayangi setiap individu yang terobsesi bekerja di kapal pesiar. Entah itu cepat atau lambat proses yang akan di jalani tapi harap dan doa selalu di tanamkan sebegitu dalam supaya bisa tercapai semuanya.
Setelah proses demi proses seperti yang admin jelaskan sebelumnya,sampai bagian ini semua pasti akan merasakan hal yang sama. Langkah selanjutnya yangbakan kita hadapi yaitu interview langsung dengan USER yang datang ke agen dimana kita melamar sebelumnya. Cemas dan bahagia ikut membayangi suasana hati bagi para pemula yang mau mengabdikan diri di dunia cruise line.
Ketika tiba saatnya untuk interview dengan user ternyata semua tidak sesulit yang di bayangkan. Ada yang di tanya sangat gampang cuma dimana kerja sebelumnya dan kenapa mau kerja ke kapal, dan ada pila yang di tanya cuma alakadarnya seperti keluarga berapa dan lainya. Hanya segelintir pertanyaan mengenai ruangnlingkup pekerjaan yang di lamar.

Akhir dari wawancara bersama user akhirnya tiba. Setelah menunggu lama pengumuman pun tiba waktunya. Dan kebanyakan semua yang di wawancara di terima kerja di kapal. Dengan kata lain sangatlah bisa di ambil kesimpulan bahwa setelah marlin test di ambil 80% kita bisa mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar seperti yang kita inginkan.
MUDAH BUKAN???? ATAU SULITKAH????
Itu semua tergantung perjuangan yang kita lakukan tentunya.sejauhmana kita bisa mendalami dan mencari celah untuk bisa menaklukan proses demi proses yang di hadapi dalam perjalanan menuju dunia kapal pesiar ini.

Setelah hasil yang diterima pada tahap wawancara dengan user kapal peaiar bersangkutan, katakanlah kita gagal. Maka langkah selanjutnya agen akan menyarankan kita untuk ikut wawancara user berikutnya. Atau jika kita tidak mau lama menunggu kita bisa mencari langkah baru dengan mencoba mencari agen yang lain. Karena sebenarnya banyak sekali agen kapal di bumi indoneaia ini.
Bagi yang diterima untuk bekerja di salah satu kapal pesiar idaman kita tentunya labgkah selanjutnya sangatlah mudah, semua terasa sangat gampang. Karena kita sudah mendapatkan bayangan bahwa kita pasti akan berangkat dan bekerja di kapal.
Tapi tunggu dulu....kita jangan salah sangka..

Proses ini boleh di bilang gampang gampang susah,karena bisa di bilang hanya membutuhkan sedikit pengorbanan. Tapi ternyata sedikit ini banyak sekali lubang lubang atau celah celah fimana kita bisa terperosok dan gagal untuk memperoleh apa yangnkita harapkan.
Langkah atau proses tetebut adalah kita akan di suruh agen untuk melengk9api kekurangan dokumen yang di syaratkan untuk keberangkatan seperti BST, SAT, CCM, PASPORT,VISA dan SEAMAN BOOK.
Basic Safety Training (BST)bagi yang belum mendapatkan sertifikat ini minimal harus melakukan pelatihan 7-8 hari dan akan mengeluarkan lagi biaya pelatihan sendiri jutaan rupiah. Belum termasuk ongkos penginapan bagi yang jauh dr tempat pendidikan dan biaya makan sehari hari.
Sama halnya seperti proses mendapatkan sertifikat BST, untuk mendapatkan sertufikat SAT, CCM, PASPORT,VISA dan SEAMAN BOOK juga tentunya m3mbutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Dalam tahap ini ganjalan yang paling sering menimpa calon krew kapal hanya pada proses pembuatan visa. Karena sebelum proses pembuatan visa kita harus lolos dulu medikal test. Dan medikal test ini pun gampang gampang susah. Ada yang sekali teat langsung lolos dan dinyatakan SEHAT dan siap untuk bekerja di kapal, tapi ada juga yang kurang sehat sepwrti masalah gigi mata dan lain sebagainya dimana akan membutuhkan waktu dan biaya lagi untuk memperoleh hasil yang baik.
Setelah waktu berlalu dan kita di nyatakan lolos medikal test, maka kita akan di berikan proses selanjutnya yaitu proses pembuatan visa baik visa amerika atau pun visa negara lain sesuai tujuan keberangkatan kita. Bagi agrn kapal yang sudah besar sepertinya tidak sulit unyuk membuat visa ini. Kita hanya datang ke agen di ambil foto dan cikup membayar biaya proses pembuatan bisa dan biaya admin lainya.

Tetapi untuk agen yang belum melakukan kerjasama dengan kedutaan asing tetsebut kita diharuskan datang langsung ke kedutaan dimana kita akan memohon visa. Cuma di bekali dokumen pelengkap dari agen bersangkutan kita harus berangkat pagi dan menunggu lama untuk mengantri di luar kedutaan. Terutama kedutaan amerika yang tetletak di jln medan merdeka jakarta. Sungguh waktu yang menguras tenaga dan biaya. Tapi di ujung harapan kita telah tampak seberkas cahaya dan harapan dimana kita akan menuju ke prosea akjir dimana kita bisa mendapatkan apa yangnkita cari selama ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...