Jumat, 18 November 2016

Housekeeping Department

Dalam Room Division, jalinan housekeeping paling penting adalah berkumunikasi dengan departemen front office. Ke-2 departemen ini seperti dua segi mata duit yang tidak sama, Housekeeping yang bersihkan lalu Front office sebagai penjualnya. 

Jalinan housekeeping dengan front office pada umumnya yaitu : 
1. Laporan status kamar 
Laporan room status terintegrasi dengan sistem dengan cara on-line lewat computer, sehinggastatus kamardengan gampang bisa di ketahui oleh front office. Housekeepingbertanggung jawab meng-update status kamar itu secepat mungkin saja setelahdiperiksa oleh housekeeping supervisor. 
Laporan room status termasuk juga Vacant Clean (VC), Vacant Clean Inspection (VCI), Vacant Dirty (VD), Sleep out (SO), Occupaid No Lugagge (ONL), Out ofService (OS), Out oforder (OO), Do not disturb (DND). 
2. Laporan. Discrepancy 
Housekeeping mengecek dengan cara segera status dari masing-masing kamarberdasarkan status yang ada di computer. Ketidaksamaan status di computer dengansebenarnya dimaksud Room Discrepancy. Laporan ini umumnya dikerjakan minimal 2 kalisehari yakni pada jam 10 pagi serta 5 sore. 
3. Laporan kehilangan serta penemuan barang 
Sesudah check out, kamar di check oleh housekeeping serta meyakinkan bahwakelengkapan beberapa barang punya hotel tak ada yang hilang. Bila ada yang  hilang, housekeeping melapor ke front office untuk mengolah pengembalian atau pembayarannya. Housekeeping juga melaporkan tiap-tiap penemuan barangyang ketinggalan, lalu disimpan di housekeeping sebagai barang Lost and Found. 
4. Laporan lainnya 
Laporan ini termasuk juga Extra bed, baby cot, Loan items, baby sister, serta laporan rusaknya oleh tamu. 
5. Room Blocking 
Front office melaporkan pergantian status masing-masing kamar yakni kamar VIP, Expected Arrival, Expected Departure, Grup, Check out, show room serta change room. 
6. PermintaanTamu 
Front office memberitahu keperluan penambahan yang dibutuhkan oleh tamu, umpamanya extra bed, baby cot, baby sister, kursi serta juga tiap-tiap permasalahan/complain dari tamu yang terkait dengan service housekeeping 
7. Front Office berikan info pada tatagraha kalau ada tamu selekasnya masuk/check-in hingga tatagraha bisa mempersiapkan kamar untuk tamu itu. 
8. kirim daftar penghuni kamar tiap-tiap pagi. 
9. kirim daftar kamar-kamar yang bakal dihuni oleh tamu, mencakup tamu perseorangan Tamu rombongan, atau tamu utama (VIP). 
10. Memberitahu pada Housekeeping tentang kamar-kamar yang tamunya telah check out hingga kamarnya bisa di bersihkan. 
11. memberi guest slip supaya tatagraha tahu tamu yang baru check in. 
12. memberitahukan perpindahan tamu dari kamar yang satu ke kamar yang lain. 
13. bila berlangsung laporan ketidaksamaan penghuni kamar, pada Housekeepingdengan Front Office, jadi room discrepancy report serta diselenggarakan penelusuran segera. 
Jalinan Housekeeping Department dengan Engineering Department 
Jalinan kerja pada tatagraha dengan sisi engineering meliputin beberapa hal sebagai Tersebut : 
1. Perbaikan serta pemeliharaan alat-alat terlebih menyangkut operasional tata graha, perbaikan telephone, ac, air serta listrik. 
2. Perbaikan peralatan Housekeeping yang ada di kamar tamu. 
3. Lakukan perbaikan sesuai sama work order dari housekeeping. 
4. Memberitahu housekeeping serta front office mengenai perbaikan yang lama, hingga status kamar di buat jadi Out of order. 
5. Memberitahu housekeeping mengenai perbaikan kamar yang telah usai, agardiperiksa danmelakukan general cleaning agar bisa di jual kembali. Lakukan program perawatan serta perbaikan dengan cara berkala untuk melindungi keadaan mebel, painting serta perlengkapan di hotel berperan dengan baik. 
Dengan hal tersebut bisa diliat kalau pada sisi tatagraha dengan sisi engineeringsangatlah erat. Bila perlengkapan operasional Housekeeping rusak, bermakna pekerjaan Tatagrahaterganggu. Sisi tatagraha membutuhkan sisi engineering untuk selekasnya melakukan perbaikan sebagian perlengkapan yang rusak. 
Jalinan housekeeping Department Dengan Food and BeverageDepartement. 
1. Menolong keluarkan perlengkapan room service dari dalam kamar. 
2. Sediakan room keperluan linen yang dibutuhkan di restaurant serta meeting room. 
3. Berperan serta serta mensupport tiap-tiap acara yang dikerjakan oleh food and beveragedepartemen. 
4. Melindungi kebersihan FB outlets serta meeting room 
5. Service room service pada tamu. 
6. pengiriman karangan buah (fruitstand) untuk tamu utama di executive room 
Dengan service baik oleh tatagrahan serta food and beverage jadi tamuakan merasapuas dengan service pihak hotel. 
Jalinan Housekeeping Department dengan accounting Department 
1. Sisi housekeeping memohon beberapa barang pada bagia purchasing (pembelian) dengan isi “purchase requitition”, seperti keinginan perlengkapan kebersihan, chemical (beberapa bahan kimia), peralatan kamar, linen-linen serta beberapa barang yang lain yangdapat mendukung aktivitas operasional housekeeping. 
2. Menolong housekeeping dalam pembelian serta penyediaan barang serta perlengkapan yangdibutuhkan. Menolong persediaan beberapa barang keperluan housekeeping sesuaidengan jumlah yang diputuskan. 
Jalinan Housekeeping Departement dengan Sisi Personalia Departement & security 
1. Pengadaan tenaga kerja 
2. Pengangkatan pegawai 
3. Kursus pegawai 
4. Pemutusan jalinan kerja 
5. Cuti karyawan 
6. Surat peringatan untuk pegawai 
7. Pembayaran upah serta lembur pegawai 
8. Menolong serta merampungkan permasalahan yang terkait dengan kepegawaian. 
9. Lakukan kursus, orentasi serta rencana karier karyawan. 
10. Sisi housekeeping melaporkan beberapa hal yang mencurigakan di sekitar ruang pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...